Minggu, 31 Januari 2010

7 Trik Melatih Anak Merapikan Rumah

Melatih anak menjadi dewasa memang tak mudah.Tapi,cobalah melatih kedewasaaanya dengan memberikan pembagian tugas kerja merapikan rumah.Sebuah studi baru mengatakan, memberikan tugas akan membantu anak-anak menjadi bertanggung jawab dan menjadi dewasa.Penugasan bisa dimulai dengan meminta si kecil merapikan mainannya setelah selesai bermain.Dengan cara ini bisa secara otomatis melatih ketrampilan mengatur barang sekaligus melatih mereka belajar menghormati oranglain.

Menurut Charlie Taylor,Kepala Sekolah di salah satu Sekolah Dasar di AS, dan penulis buku 'The Secrets to Having a Much Better Behaved Child', penugasan-penugasan kecil untuk anak bisa dimulai sejak mereka berusia 3 tahun.Karena akan lebih mudah melatih mereka ketika usianya masih muda.

“Dengan cara ini bisa melatih mereka membangun rasa tanggung jawab,” katanya seperti dikutip dari mirror.co.uk life and style.Ingin membuat si kecil rajin berbenah, ini caranya:

1. Tetaplah pada rutinitas
Untuk lebih melatih tanggung jawabnya, jadikanlah tugas kecil dari Anda ini sebagai rutinitasnya. Kegiatan merapikan mainan bisa dijadikan sebuah ritual yang terjadi pada saat yang sama. Sehingga lambat laun bisa menjadi sebuah kebiasaan.

Sebagai contoh, buatlah jadwal tugas bersih-bersih atau merapikan mainan 10 menit sebelum acara TV favorit mereka dimulai. "Jadikan ini sebagai aturan ketat. Mereka mungkin berdebat dan mencoba untuk menawar, tapi sebaiknya keputusan Anda tidak mudah goyah, " ujar Charlie.

2. Berikan pujian, bukan suap
"Jangan membayar anak-anak untuk melakukan tugas," kata Profesor Julian Elliott dari Durham University's School of Education. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa tidak satupun anak akan bekerja setelah mereka diberikan bayaran. Lebih baik berikan pujian, terutama jika mereka membantu tanpa diminta, biarkan mereka bangga dengan pekerjaan dilakukan dengan baik.

3. Tunjukan cara berbenah pada si kecil
Mulailah dengan menginvestasikan waktu dan tunjukkan padanya cara melakukan tugas tersebut. "Jika Anda akan meminta seorang remaja untuk mencuci pakaian, pastikan mereka tahu bagaimana untuk memisahkan warna," kata Judith Myers-Walls, seorang profesor perkembangan anak.

4. Adil
Pastikan Anda tidak memberi mereka terlalu banyak pekerjaan. Seimbangkan dengan waktu bermain mereka. Biarkan mereka punya rasa tanggung jawab, tapi tetap bisa mempunyai waktu bermain.

5. Membuatnya menyenangkan
Ahli perkembangan anak Braun Betsy Brown mengatakan, "Jika Anda mengatakan kepada anak berusia empat tahun: 'Saya ingin kamu membersihkan seluruh ruangan ini', itu tidak akan terjadi. Cobalah katakan: 'Kamu mengambil semuanya dengan roda, dan mama akan mengambil segala sesuatu berwarna merah'. Kata-kata ini akan lebih memacu semangatnya untuk membantu Anda merapikan rumah."

6.Mengatur tugas-tugas khusus
Dengan anak yang lebih tua, berikan tugas khusus seperti merapikan kamar tidur sendiri. Ini akan melatih tanggung jawab mereka.

7.Buat tim kerja
Bentuk keluarga sebagai sebuah tim untuk merapikan rumah. Pada awalnya anak-anak akan sering mencoba untuk berdebat. Tapi, tunjukkan pada mereka bahwa semua anggota rumah ikut merapikan rumah untuk membantu satu sama lain. KF/v/viva

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Archive