Selasa, 07 Desember 2010

KENALI TIPE ANAK PICKY EATER

Pemberian makanan pada balita kerap menjadi masalah untuk orang tua. Anak-anak yang kesulitan makan atau cuma meminta jenis makanan yang sama disebut dengan picky eater. Dan anak kategori seperti ini cukup banyak, hampir 50 persen.

Kesulitan makan paling sering terjadi pada anak usia 1-5 tahun, karena anak pada usia tersebut sangat aktif dan senang mengesplorasi sekelilingnya, sehingga kegiatan makan menurut mereka adalah membosankan.

Mencari penyebab kesulitan makan bisa dicari penyebabnya dengan mengevaluasi orang tua, seperti menakar jumlah porsi makan anak, apakah sudah sesuai atau berlebihan. Juga dengan menilai karakteristik anak.Dan tak kalah penting adalah suasana ketika acara makan tiba.

Ketika anak tidak makan dengan baik, sebaiknya orang tua tidak memaksanya, karena akan memperparah keadaan anak.

Kembali kepada orang tua. orang tua sebagai contoh anak-anaknya. Ciptakanlah pola makan dan suasana sehat sehingga anakpun mengikuti hal positif yang tercipta dari orang tuanya.

Untuk pemberian suplemen, sebaiknya orang tua mengingatnya bahwa itu merupakan bahan tambahan saja dan bukan bahan pengganti makan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar