Selasa, 07 Desember 2010

BELAJAR DARI OWNER



Nama Medco identik dengan Arifin Panigoro, begitupun ketika menyebut nama Keluarga Panigoro, ingatan otomatis tertuju pada Medco.Hal ini tak bisa dipungkiri karena pendiri dan pemilik group bisnis ini adalah beliau, Arifin Panigoro.

Budi Basuki, selaku Presiden Direktur PT Medco E&P Indonesia menuliskan dalam kolomnya di majalah Kontan bahwa ia tidak merasa takut dan tertekan berada di bawah bayang-bayang nama besar Arifin Panigoro ataupun Medco. Hal pertama yang mendasari ketidaktakutannya tersebut karena Budi telah menjadi bagian dari perusahaan tersebut sejak tahun 1981.

Satu pelajaran yang kita bisa ambil dari Budi mengenai bayang-bayang nama besar tersebut dalam hal ini adalah menyamakan persepsi dan juga belajar dari pengalaman-pengalaman sang Owner. Dengan mengambil nilai-nilai positifnya yaitu nilai keprofesionalisan dan entrepreneurship sang owner. Dan Budi menyadari betapa berharga penanaman nilai-nilai tersebut.

Professional entrepreneurship menumbuhkan pola pikir seperti pengusaha (business mindset). Nilai ini mengasah kemampuan membaca peluang bisnis, membiasakan kita mengatasi tantangan dan mencarikan solusinya, serta melatih kecepatan pengambilan keputusan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar