Sabtu, 03 April 2010

Khasiat Temu Putih

Tanaman obat tradisional yang nama depannya menggunakan kata temu cukup banyak jenisnya.Ada temulawak, temugiring, temu putih, temu ireng, dan sebagainya.Namun, masing-masing mempunyai khasiat berbeda.Seperti juga temu putih (Curcuma zedoaria).Sering kali orang sulit membedakan antara temu putih dengan temu mangga dan kunir putih. Yang biasa dipakai sebagai pengobatan adalah rimpangnya (umbi). Warna rimpang ketiga jenis tanaman obat tersebut memang mirip, yaitu putih.

Namun, kalau dilihat dari nama Latin-nya akan kelihatan perbedaannya. Kalau temu putih bernama Latin Curcuma zedoaria. Temu putih termasuk divisi Spermatophyta, sub divisi Angiospermae, kelas Monocotyledoneae, bangsa Singiberalis dan suku Zingiberaceae. Sejak empat tahun terakhir ini temu putih menjadi tren. Orang banyak mencarinya untuk obat kanker. Sebetulnya temu putih itu berkhasiat sebagai antivirus. Namun, sebelum dikenal sebagai antivirus, temu putih dulunya hanya dikenal sebagai pelega perut.

1. Deskripsi:
Temu Putih (Curcuma zedoaria (Rosc)) dikenal sebagai rempah-rempah untuk pengobatan Tiongkok. Pengobatan Tiongkok mempercayai bahwa Temu Putih memiliki efek mematikan sel kanker. Tidak hanya itu, Temu Putih juga berkhasiat dalam pengobatan yang berkaitan dengan pencernaan. Zat pahit yang dikandung Temu Putih dipercaya dapat mengatasi masalah sakit pencernaan seperti diare, sakit perut, dan lambung.

2. Kandungan:
- minyak atsiri
- kurkumin
- demetoksikurkumin
- cineole
- curculone
- curcumadiol
- curdione

3. Khasiat:
- mengobati kanker
- Kanker mulut rahim
- Kista rahim
- Pereda nyeri saat haid

4. Cara memanfaatkannya :
100 gram rimpang temu putih dicuci,
diparut, lalu diperas dan disaring.
Hasilnya disangan terus diminum.

1 komentar:

  1. TEMU PUTIH "ZEMA"
    Hubungi: Ibu Devita (081230824440)
    HARGA: RP 125.000,-/Botol
    Isi: 90 kapsul
    Tidak mengandung bahan kimia dan pengawet
    Izin Depkes RI: POM TR No. 072 990 591
    Melayani pengiriman ke seluruh penjuru Nusantara.

    BalasHapus